Pages

Halaman

Senin, 31 Desember 2012

Perbandingan Struktur Kurikulum 2013 dan KTSP Tingkat SD

Muatan kurikulum meliputi sejumlah mata pelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan. Dalam Kurikulum sekarang (KTSP), materi muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri merupakan bagian dari muatan kurikulum. Misal, untuk kurikulum SMP dan MTs, terdiri dari 10 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri yang harus diberikan kepada peserta didik.  

Pada Kurikulum 2013 nanti, ada perubahan mendasar dibanding kurikulum sekarang, yaitu antara lain :
1.      Untuk SD, meminimumkan jumlah mata pelajaran dengan hasil dari 10 dapat dikurangi menjadi 6 melalui pengintegrasian beberapa mata pelajaran:
-          IPA menjadi materi pembahasan pelajaran Bahasa Indonesia , Matematika, dll
-          IPS menjadi materi pembahasan pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, dll
-          Muatan lokal menjadi materi pembahasan Seni Budaya dan Prakarya serta Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
-          Mata pelajaran Pengembangan Diri diintegrasikan ke semua mata pelajaran
2.      Untuk SD, menambah 4 jam pelajaran per minggu akibat perubahan proses pembelajaran dan penilaian
3.      Untuk SMP, meminimumkan jumlah mata pelajaran dengan hasil dari 12 dapat dikurangai menjadi 10 melalui pengintegrasian beberapa mata pelajaran:
-          TIK menjadi sarana pembelajaran pada semua mata pelajaran, tidak berdiri sendiri
-          Muatan lokal menjadi materi pembahasan Seni Budaya dan Prakarya
-          Mata pelajaran Pengembangan Diri diintegrasikan ke semua mata pelajaran
4.      Untuk SMP, menambah 6 jam pelajaran per minggu sebagai akibat dari perubahan pendekatan proses pembelajaran dan proses penilaian
Untuk lebih jelas melihat perbedaan struktur kurikulum, dapat dilihat pada gambar berikut ini :
Struktur Kurikulum SD


sumber : bahan uji publik kurikulum2013

Laporkan Sekolah Rusak Melalui Situs Bantu Sekolahku

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengambil langkah baru dalam meningkatkan ketersediaan sarana pendidikan yang memadai di Tanah Air. Melalui situs online Bantu Sekolahku yang telah digarap sejak Juni lalu bekerja sama dengan World Bank, Uni Eropa dan Kedutaan Kerajaan Belanda, masyarakat diajak berperan aktif untuk dalam misi ini.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ainun Naim, mengatakan bahwa sistem ini nantinya dapat menjadi wadah komunikasi bagi semua elemen di bidang pendidikan baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, guru, orang tua dan masyarakat umum.

"Sistem ini cukup unik karena dari sini dapat dipantau transparansi dan akuntabilitas kinerja tiap daerah," kata Ainun saat peluncuran Sistem Online Bantu Sekolahku di Plaza Insan Berprestasi Kemdikbud, Jakarta, Selasa (11/12/2012).

Melalui sistem ini, masyarakat dapat melaporkan langsung terkait masalah pendidikan yang terjadi di tiap sekolah baik dari segi infrastruktur, kinerja guru, beasiswa hingga aliran dana Biaya Operasional Sekolah (BOS). Dari laporan yang masuk, nanti akan diteruskan ke divisi terkait untuk kemudian ditindaklanjuti.

"Untuk tindaklanjutnya tergantung jenis masalahnya. Misalnya kekurangan buku, bisa seminggu ya langsung. Bangunan sekolah rusak, nah ini harus dianggarkan dulu, paling tidak enam bulan. Ya berarti lamanya enam bulan," jelas Ainun.

Sistem online ini sendiri sebetulnya sudah dilakukan di Filipina dengan nama 'Check My School'. Hanya saja di Filipina, pemerintah atau pihak kementerian pendidikan tidak ikut campur dalam pengelolaan situs ini. Sementara untuk Indonesia, justru situs ini merupakan milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Meski berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Ainun menjamin semua pihak dapat menggunakan akses ini sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan alat pemantau kinerja elemen pendidikan di tiap daerah. "Untuk daerah terpencil, nanti bisa menggunakan modem atau sinyal mobile. Nanti juga dari dana BOS, sekolah bisa menyediakan perangkat internet di sekolah," ungkap Ainun.

"Ini bentuknya seperti jejaring sosial saja jadi semuanya bisa terhubung. Jadi kalau ada masalah tentang pendidikan, jangan ragu untuk membuka situs ini bantusekolahku.kemdikbud.go.id," tandasnya.

berikut ini tampilan situs bantusekolahku.kemdikbud.go.id :




- untuk memberikan masukan, komentar, laporan, dsb kita harus daftar dan login terlebih dahulu
- untuk mencari sekolah, pilih CARI SATUAN PENDIDIKAN, lalu masukkan nama sekolah atau NPSN
- untuk melaporkan kekurangan, kerusakan, kebutuhan sekolah klik LAPORKAN KEBUTUHAN
- untuk mencari kebutuhan dari sekolah yang sudah masuk laporannya, klik TELUSURI KEBUTUHAN
untuk lebih lanjut, silakan langsung coba menuju situsnya.

DIREKTORAT P2TK DIKDAS

Overview
Page: 1 of 1
Number of Categories: 7
Produk HukumSubcategories: 1Files: 1

BERMUTUSubcategories: 38Files: 152

Pedoman PedomanSubcategories: 1Files: 13

Inpassing
Files: 1

Lampiran Format Tunjangan
Files: 1

Juknis
Files: 0

undangan rakor kab/kota
Files: 1

SMS Gateway untuk Cek Tunjangan Profesi Jenjang Dikdas


Jumat, 28 Desember 2012

Daftar Calon Peserta Sertifikasi Guru 2013


Berikut ini adalah daftar calon peserta sergu 2013. Data ini merupakan hasil verifikasi yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kab/Kota per 30 Agustus 2012.
Berikut untuk melihat daftar calon peserta sertifikasi guru 2013.
1. Klik disini
2. Klik kriteria
2. Pilih provinsi
3. Pilih Kab/Kota
4. Klik “Tampilkan”
Langkah Pencarian perorangan
1. Klik disini
2. Klik menu “Pencarian”
3. Ketik NUPTK
4. Klik tombol pencarian

Rabu, 26 Desember 2012

Belajar Membuat Formulir PSB Menggunakan Macro Excel 2007

Bermula dari keponakan yang minta diajarin tentang macro excel karena mau ikut lomba LKS ITsoftware di Jakarta , akhirnya saya mencoba membuat formulir PSB atau Penerimaan Siswa Baru atau istilah kerennya PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) dengan macro excel sederhana. Dari pengalaman tahun sebelumnya, PSB sudah terencana dari kepanitiaan sampai dengan administrasi.  Biasanya pendataan pendaftar dicatat pada formulir kemudian disalin pada buku besar PSB, dan kemudian akhirnya dimasukkan ke dalam database calon siswa baru komputer.  Memasukkan data pada komputer biasanya menggunakan program Ms Excel secara manual dengan mengetik data satu persatu pada table yang telah dibuat.  Nah.. untuk memudahkan memasukkan data pada kolom excel dapat dibuat formulir seperti gambar dibawah



 
 
Jika sudah membuat form seperti ini kita tinggal mengisi datanya, kemudian data yang kita masukkan itu secara otomatis akan tersimpan dalam database pada sheet DaftarNilai dengan mengklik tombol OK atau CATAT.  File ini disimpan dalam format macro-enable worksheet. Jadi kalau ingin mengaktifkan, excel agar disetting dalam keadaan enable all macros.
Jika ingin belajar atau ingin mencobanya dapat diunduh DISINI
semoga bermanfaat..

Untuk belajar lebih lanjut baca postingan saya tentang macro disini..

Membuat Surat Undangan Wali dengan Macro pada Excel 2007

Contoh Macro yang Dapat Dijalankan pada Excel

Cara Mengaktifkan Macro pada Ms Office

terma kasih.

Cek Kualitas Data Guru/PTK Melalui p2tkdikdas.kemdikbud.go.id

Mungkin, selama ini guru/PTK tidak mempersoalkan atau kurang mempedulikan data dirinya. Memang pada tahun-tahun sebelumnya tidak ada masalah yang berarti, hingga akhirnya mulai tahun ini dengan diberlakukannya pendataan sekolah secara online, maka semua unsur data sekolah termasuk PTK akan diupdate datanya berdasarkan data pada DAPODIK sekolah yang tentunya sudah diisi melalui aplikasi pendataan sekolah dan dikirim ke server pusat dapodik.

Ini tentunya berdampak pada guru yang sudah bersertifikat pendidik, mulai tahun 2013 penerbitan SK Tunjangan Profesi atau yang lebih dikenal dengan SK Dirjen akan didasarkan pada dapodik yang diupload ke Pendataan Sekolah. Maka dari itu mari kita pantau dan cek kualitas data PTK yang telah masuk di Dapodik.

Untuk melihat data masing-masing guru sudah valid atau belum, langkah yang dapat anda lakukan yaitu:
Buka alamat http://p2tkdikdas.kemdikbud.go.id
Setelah masuk halaman utama, terdapat login box yang dapat kita gunakan dengan cara :
  • Masukkan NUPTK sebagai username serta tanggal lahir sebagai password dgn format YYYYMMDD. Sebagai contoh jika tgl lahir anda 2 Agustus 1986 passwordnya: 19860802
  • Jika login gagal, akan ada keterangan mengenai alasan kegagalan di bawah form.

  • Jika muncul informasi NUPTK tidak ditemukan, ada beberapa kemungkinan. 1) Kolom NUPTK belum diisi pada data Dapodik anda; 2) Kolom NUPTK anda diisi namun salah ketik. 3) Data Dapodik belum ter-import ke basis data.
Jika login berhasil maka akan muncul data PTK seperti ini


Ada 20 field data yang dapat ditampilkan, untuk melihat kelanjutan data lletakkan kursor pada tabel data, kemudian gunakan tombol arah/panah ke bawah, sehingga akan tampil seperti ini ..

 
Yang perlu diperhatikan pada data tersebut, PTK harus baca terlebih dahulu
Info Tentang Kelengkapan Data PTK Pada Dapodik Terkait Tunjangan

Yang terpenting pastikan data PTK kita yang terisi pada Dapodik Sekolah, yang dientry oleh Operator Sekolah benar-benar lengkap dan valid. tanyakan pada operator dapodik sekolah mengenai data anda, atau anda dapat baca..Cara Cek Dapodik Sekolah Melalui Pendataan Dikdas Kemdikbud

terimakasih... 
 

INTERNET SEHAT

internet-sehatBanyak orang tua khawatir dan bertanya-tanya apa yang diakses oleh anaknya ketika berselancar di internet. Apakah sesuatu yang baik atau malah situs-situs yang mampu merusak moral. Kekhawatiran ini pula yang sekarang hinggap di benak para pembuat kebijakan di Indonesia.
Hal inilah yang melatarbelakangi  Departemen Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mencanangkan Program Kampanye Internet Sehat. Program ini dilaksanakan untuk membangun budaya dan perilaku penggunaan internet secara sehat dan aman sehingga dapat memberikan nilai tambah.
Demi mendukung dan menyosialisasikan program yang menjadi perhatian banyak pihak tersebut, Masyarakat Industri Kreatif TIK Indonesia (MIKTI) dan Tim Sosialisasi Internet Sehat menyelenggarakan Lomba Logo, Maskot, dan Jingle Internet Sehat yang terbuka untuk umum.
Rangkaian kegiatan lomba tersebut telah dilaksanakan sejak 23 April 2009. Saat ini proses penjurian terhadap seluruh karya yang masuk sedang berlangsung dan akan berakhir pada 9 Juni 2009 mendatang.
“Pembuatan logo, maskot, dan jingle internet sehat sengaja dikompetisikan untuk membangun partisipasi dan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya internet sehat sejak awal, karena Internet adalah jendela pengetahuan yang bermanfaat. Program ini merupakan program besar yang hanya akan berhasil jika dilakukan bersama seluruh bagian masyarakat,” jelas Cahyana Ahmadjayadi selaku Penanggungjawab Tim Sosialisasi Internet Sehat.
Selanjutnya pengumuman pemenang sekaligus penyerahan hadiah akan dilaksanakan pada 11 Juni 2009 di Balai Sidang Senayan bersamaan dengan penyelenggaraan Festival Komputer Indonesia 2009 (FKI 2009) di lokasi yang sama. Penyerahan hadiah akan dilakukan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, M. Nuh.
Dalam acara tersebut akan dilaksanakan juga Diskusi Interaktif mengenai internet sehat dengan menghadirkan narasumber dari berbagai kalangan penggiat dunia internet. Selain dari kalangan pemerintah yang diwakili oleh Dirjen Aplikasi Telematika, Cahyana Ahmadjayadi, diskusi juga akan menghadirkan narasumber lain, yaitu Indra Utoyo selaku Ketua Umum MIKTI, Andrew Darwis & Ken Dean sebagai Duo Founder Kaskus (situs komunitas terbesar di Indonesia), Diah Nastiti dari kalangan pengguna internet dan Tony Seno Hartono dari Microsoft.
Acara ini didukung oleh berbagi pihak diantaranya AOSI, APKOMLAPAN, BISKOM, Detikinet, Dyandra, HMCC, HRCC, ICT Watch, Kaskus, Majalah Stabilitas, Microsoft, Roxy Square, Teknopreneur dan Warta Ekonomi.

Sumber :  http://www.biskom.web.id